5 Tips Menghindari Pecah Ban Motor Saat Berkendara

5 Tips Menghindari Pecah Ban Motor Saat Berkendara

5 tips menghindari pecah ban motor saat berkendara

Seperti yang kita sudah diketahui bersama, saat anda memutuskan untuk berkendara dengan menggunakan motor maka ini artinya anda sdah sangat siap untuk melewati segala jenis bentuk jalan yang akan anda tempuh. Baik dalam kondisi jalanan yang turunan, tanjakan, belokan, jalan yang belubang, jalanan yang licin dan masih banyak lainnya. Dimana segala jenis jalan ini memang menjadi salah satu jalanan yang harus anda lewati sehingga anda bisa sampai ketempat tujuan.

Namun, ada hal yang kadang tidak bisa diduha pada saat anda sedang dijalanan yaitu masalah pecah ban motor pada saat anda sedang melewati jalanan. Anda mungkin pernah mendapati jalanan yang cukup parah sehingga membuat ban motor anda mengalami pecah. Nah untuk menghindari masalah ini terjadi di jalanan pada sata anda berkendara ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah :

Anda bisa mengurangi kecepatan anda untuk berkendara

pecah ban

Tips menghindari pecah ban motor saat anda berkendara adalah dengan cara mengurangi kecepatan anda saat berkendara. Anda bisa saja melewati jalanan dengan kondisi yang rusak parah tentu saja memiliki resiko yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan memiliki peluang yang cukup besar untuk membuat ban motor anda mengalami pecah karena mengalami tekanan terhadap batu yang rusak terhadap ban.

Selain itu, ada juga kemungkinan komponen dari rem anda tidak bisa bekerja dengan baik lagi. Dengan mengurangi kecepatan anda maka tentu hal ini akan sangat mungkin untuk bisa anda hindari. Selain itu, anda juga bisa mengusahakan untuk melihat seperti apa jalanan yang ada di depan anda. Jika memang sangat rusak aprah maka anda harus bisa menyeimbangkan diri anda, sehingga anda tidak akan terjebak dijalanan yang rusak dan bisa menghindari benturan yang anda alami sehingga ban motor anda juga tidak akan pecah mendadak.

Anda bisa menghindari dinding ban mengalami gesekan dengan lubang jika jalanannya berlubang

Langkah kedua yang bisa anda lakukan jika anda berada dalam jalanan yang berlubang saat mengendarakan motor maka ada baiknya untuk anda menghindari bagian dinding ban anda dari kemungkinan gesekan dari jalanan yang berlubang. Jika memang anda terpaksa harus melewati jalanan yang berlubang, maka ada baiknya untuk anda memastikan jika telapa dari ban anda memang masuk secara merata kedalam lubang jalanan.

Sebenanya tujuannya adalah untuk menhindari kemungkinan ban anda masuk dari bagian pinggir yang akhirnya bisa menyebabkan dinding ban anda akan mengalami pergesekan dari lubang yang ada dijalanan. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk anda pertimbangkan. Karena jika anda tidak teliti maka bisa jadi ini memiliki potensi untuk anda mengalami pecah ban pada saat anda mengalami jalanan yang berlubang. Sebenarnya tips ini bukan hanya untuk jalanan yang berlubang parah tapi juga untuk jalanan yang rusak lainnya juga harus anda pertimbangkan. Tujuannya hanya satu agar perjalanan anda terhindari dari masalah pecah ban.

Anda harus memastikan jika ukuran angin dari ban sesuai dengan standartnya

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya pecah ban motor anda saat anda bekendara adalah sebelum anda melakukan perjalanan atau bepergian ada baiknya adalah anda harus mempertimbangkan dan memperhatikan seberapa ukuran dari gas hidrogen yang ada pada ban motor bagian dalam ban motor anda.

Langkah ini sangat tepat untuk anda yang bukan hanya untuk yang berjalan dijalanan yang rusak namun untuk semua kondisi jalanan yang sangat mungkin akan anda temui. Karena angin ban menjadi hal yang penting bahkan untuk jalanan yang normal sekalipun juha harus anda pertimbangkan sehingga anda juga akan terhindari dari kemungkinan mengalami ban pecah dijalanan.

Selain itu, langkah ini sebenarnya memiliki tujuan untuk bisa membantu anda dalam menjaga kekuatan dair ban dalam usaha menghadapi kemungkinan tekanan dan benturan yang cukup keras karena jalanan yang cukup rusak yang akan anda lalui. Dengan melakukan pengecekan ini maka resiko anda mengalami ban pecah juga akan menjadi lebih berkurang. Selain itu, memang selama ini sudah ada banyak sekali kasus yang pada awalnya memang dikarenakan oleh ukuran angin ban yang tidak sesuai dengan standatnya.

Anda harus memastikan jika kondisi ban anda memang dalam keadaan oke

Langkah selanjutnya untuk menghindari dan mencegah terjadinya pecah ban adalah anda harus memesatikan kondisi dari ban anda memang dalam keadaan baik – baik saja. Dengan kata lain secara fisik ban harus dalam kondisi yang baik. Setidaknya tidak ada tambalan jikapun ada dalam jumlah yang tidak banyak dan bagian ban luar juga tidak tipis. Karena jika ban dalam keadaan yang tipis maka akan sangat tidak nyaman untuk anda gunakan berkendara.

Baca Juga : Rental Scoopy Jogja

Kondisi Fisik Ban Baik – baik saja
Ada beberapa masalah dalam ban yang akhirnya menyebabkan anda sering mengalami pecah ban saat berkendara dijalanan. Mulai dari ban gudul dimana ban memang sudah tidak layak untuk anda gunakan, jika demikian maka ada baiknya untuk anda segera mengganti ban yang baru, sebenarnya kembang ban sendiri selain memiliki fungsi sebagai penguat untuk daya cengkeram dari ban juga memiliki fungsi untuk mendinginkan ban anda. Sehingga jika ban anda mengalami gundul maka akan sangat mudah ban mengalami panas.

Selanjutnya adalah kuran dari velg dan ban juga harus menjadi pertimbangan anda. Mungkin selama ini anda seringkali meremehkan ukuran dari velg anda dan ukuran dari ban motor anda. Sebenarnya pabrik produksi motor sudah mempertimbangkan ukuran dari velg untuk kendaraan anda dengan sangat cemat. Sehingga jika anda melakukan perubahan dari velf dan ban yang tidak sesuai dengan standartnya sekali kali mengakibatkan kekuatan dair kendaraan anda mengalami perubahan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan anda tidak bisa mencegah terjadinya pecah ban.

Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan usia dari ban anda. Anda harus memperhatikan tanggal dari produksinya saat anda pertama kali membeli ban baru anda untuk mengganti kendaraan anda. Ada baiknya untuk anda memilih ban yang memang paling terbaru. Masa pakai untuk ban terkadang tidak lebih dari 6 tahun. Sehingga jika usia dari ban melebihi dari tahun produksinya maka elastisitas dari ban anda tentu saja sudah akan hilang sehingga akan membuat ban lebih mudah untuk mengalami pecah dan robek.

Masalah pecah ban sangat sering terjadi dalam keadaan yang memang tidak bisa anda duga. Sehingga maka salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan tindakan yang tepat karena salah sedikit anda dalam mengambil tindakan maka akan mengakibatkan hal yang cukup fatal sehingga mengakibatkan kerugian untuk anda sendiri dan juga pengendara lain yang ada dijalanan. Untuk itu 5 tips menghindari pecah ban motor saat berkendara mampu membantu anda dalam mengatasi masalah ini.

Artikel Terkait : Sewa Vario Jogja

About the Author

AMZ rental motor jogja berdiri pada tahun 2010 dengan tujuan utama kami yaitu memberikan pelayanan penyewaan sepeda motor di Yogyakarta. Saat ini, melalui pertumbuhan dan beberapa akuisisi tentunya kami bukan lagi rental motor Jogja standar. Karena kami memiliki armada ratusan sepeda motor sejumlah 300 unit. 300 unit stok motor yang ada di perusahaan kami merupakan kendaraan terbaru, terawat, dan selalu kami lakukan pengecekan secara berkala.

Leave a Comment