Ganti Oli Motor Baiknya Setiap Berapa KM?

Ganti Oli Motor Baiknya Setiap Berapa KM?

Ganti Oli Motor Baiknya Setiap Berapa KM? Berikut Penjelasannya

Mengganti oli dan melakukan service pada motor merupakan hal yang sering kali dilupakan oleh pengendara motor. Hal ini disebabkan karena ada banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai waktu yang tepat untuk melakukan service dan untuk ganti oli motor? Berikut adalah ulasannya.

Mengapa mengganti oli motor merupakan hal yang penting?

Motor merupakan sebuah mesin yang memiliki tujuan untuk menghasilkan gerak. Karena merupakan mesin yang terbuat dari logam maka untuk memperlancar gerakannya dibutuhkan oli. Keberadaan oli merupakan hal yang penting untuk menunjang hidup dari mesin dalam motor. Sebetulnya bukan hanya oli tapi juga seluruh bagian dari motor merupakan hal yang penting untuk diperhatikan jika anda ingin motor anda hidup dan bertahan dalam waktu yang lama dan bisa digunakan dengan nyaman.

ganti oli motor
Meski banyak hal yang perlu diperhatikan, tapi oli merupakan komponen yang memegang peranan penting di dalam sebuah mesin motor. Oleh karena itu waktu penggantian dari oli motor harus diperhatikan dengan baik. Lalu kapan sebaiknya mengganti oli motor? Seberapa sering oli motor harus diganti? Berikut ini adalah penjelasan mengenai berapa kali oli motor anda harus diganti dan juga penjelasannya.

Apa yang dikerjakan oleh oli motor dalam motor anda?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal ini, yang pertama harus anda perhatikan mengenai oli motor adalah mengenai fungsinya di dalam motor. Hal ini akan membantu anda untuk lebih mudah mengingat seberapa penting mengganti oli motor dan tidak melupakan jadwal ganti oli motor anda sendiri.

Baca juga : Sewa Nmax Jogja

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Sebuah mesin motor terdiri dari banyak part, khususnya part yang bergerak. Bukan hanya itu, karena dibuat dari kebanyakan bahan metal, maka kontak antara metal dengan metal di dalam mesin motor sering kali tidak bisa dihindari. Kontak antara metal satu dengan metal yang lain yang ada di dalam mesin yang selalu terjadi akan menyebabkan metal lama kelamaan akan aus. Jika part-part dari bahan metal ini aus maka lama kelamaan mesin tidak akan dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, perusahaan produsen mesin membutuhkan oli untuk mesin mereka, tidak terkecuali mesin untuk motor.

Keberadaan oli dalam mesin motor bertugas untuk mengurangi terjadinya gesekan karena tugasnya sebagai pelumas. Dengan adanya oli pelumas pada mesin sepeda motor, kerusakan yang terjadi akibat adanya gesekan dapat diminimalisir sehingga mesin tidak cepat rusak.

Menjaga mesin agar dapat bertahan lama merupakan salah satu kegunaan dari oli motor. Selain untuk hal tersebut, keberadaan oli motor pada mesin juga memiliki tujuan untuk mempermudah gerakan dari part-part yang ada di dalam mesin sehingga bahan bakar yang digunakan sebagai penggerak mesin menjadi lebih efektif untuk digunakan.

Mengapa oli perlu diganti?

Pertanyaan selanjutnya yang perlu dijawab adalah mengapa oli motor perlu diganti? Apakah lama kelamaan oli motor akan mengalami kerusakan? Apa efeknya jika oli tidak pernah diganti? Apa yang menyebabkannya rusak? Mari kita jawab pertanyaannya satu persatu

• Apakah oli bisa mengalami kerusakan?
Tentu ya, hal inilah yang menyebabkan oli perlu diganti dari waktu-ke waktu

• Apa efeknya jika oli tidak diganti?
Efeknya tentu adalah kerusakan mesin. Hal ini disebabkan karena oli motor yang sudah rusak tidak akan dapat melakukan tugasnya dengan baik sehingga mesin tidak terlindungi dan tentunya lebih mudah aus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

• Apa yang menyebabkan oli mesin motor menjadi rusak?
Penyebab dari kerusakan oli mesin motor salah satunya adalah panas. Mesin yang bergerak tentu saja dapat mengalami panas. Apalagi mesin motor dibuat dari bahan metal sehingga tentu saja akan lebih cepat panas dan menyebabkan oli mesin motor menjadi lebih cepat rusak.

Oli mesin motor yang sudah digunakan dalam waktu lama akan mengalami kerusakan dan berubah menjadi hydrocarbon. Penggunaan sepeda motor dalam waktu yang lama melampaui batas waktu penggunaannya akan menyebabkan oli mesin motor tervaporasi dan menyebabkan mengalami degradasi.

Selain penggunaan dalam waktu yang terlalu lama, hal lain yang dapat menyebabkan oli menjadi rusak adalah faktor kontaminasi. Kontaminasi ini bisa berasal dari mana saja, salah satunya berasal dari mesin motor itu sendiri.
Kapan oli mesin motor sebaiknya diganti?

Kerusakan oli mesin yang terjadi karena penggunaan menyebabkannya harus diganti dari waktu ke waktu. Penggantian oli mesin motor secara teratur tentu saja akan membuat mesin motor dapat hidup dan bekerja dalam waktu yang lama seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Lalu kapan waktu yang tepat untuk anda mengganti oli mesin motor anda? Jawabannya adalah pada setiap 4800 kilo meter.

Ketika motor anda sudah menempuh jarak hingga 4800, maka itu adalah waktu yang tepat untuk segera mengganti oli kendaraan anda. Akan tetapi jika anda memiliki motor dengan jenis baru dan menggunakan jenis oli mesin motor dengan teknologi baru mungkin anda bisa mendapatkan waktu lebih longgar untuk mengganti oli motor anda.

Bagi anda yang sering kali malas mengganti oli hal ini tentu merupakan kabar baik bukan? Tapi jika anda adalah tipe orang yang ingin menjaga dengan baik motor yang anda miliki menggantinya secara rutin setiap beberapa bulan sekali juga bukan masalah meski spedometer anda belum menunjukkan angka maksimal penggunaan oli anda.

Waktu yang tepat mengenai penggantian oli ini sesungguhnya tergantung dengan yang anda inginkan. Jika anda malas, paling lama anda harus mengikuti waktu tersebut, tapi jika motor anda memiliki panduan tersendiri mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin motor maka anda juga bisa mengikuti guide tersebut.
Lebih pilih mana? Oli mesin motor sintetik atau oli mesin motor tradisional?

Setelah anda mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli motor anda, tentunya anda akan memiliki pertanyaan lain mengenai jenis oli mesin motor apa yang sebaiknya anda gunakan untuk motor anda bukan? Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan anda. Berikut ini adalah ulasan untuk anda yang bingung memilih antara keduanya.

• Oli tradisional
Oli tradisional adalah oli yang anda bisa gunakan maksimal dengan 4800 kilo meter penggunaan. Hal ini sebelumnya sudah cukup baik untuk anda yang tidak begitu sering berkendara dengan motor anda.

• Oli sintetis
Jika dibandingkan dengan oli tradisional, oli sintetis adalah pilihan yang lebih menguntungkan. Pasalnya, jika oli tradisional mampu bertahan hingga 5000 kilo meter penggunaan oli sintetis dapat digunakan hingga 8000 kilo meter. Oli sintetis merupakan oli yang dibuat dengan teknologi oleh karena itu ia bisa dibuat dengan durability yang lebih tinggi dibandingkan dengan oli yang tradisional.

Kekurangan yang dimiliki oleh oli mesin motor sintetis adalah harganya yang memang cukup mahal dibandingkan dengan oli tradisional. Oleh karena itu untuk memilihnya anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Informasi Terkait : Rental Motor KLX Jogja

About the Author

AMZ rental motor jogja berdiri pada tahun 2010 dengan tujuan utama kami yaitu memberikan pelayanan penyewaan sepeda motor di Yogyakarta. Saat ini, melalui pertumbuhan dan beberapa akuisisi tentunya kami bukan lagi rental motor Jogja standar. Karena kami memiliki armada ratusan sepeda motor sejumlah 300 unit. 300 unit stok motor yang ada di perusahaan kami merupakan kendaraan terbaru, terawat, dan selalu kami lakukan pengecekan secara berkala.

Leave a Comment

08112635848