Tips Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet Dan Nyaman Dipakai

Tips Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet Dan Nyaman Dipakai

Tips Merawat Motor Matic Injeksi Agar Awet Dan Nyaman Dipakai

Anggapan-anggapan buruk mengenai motor matic boleh saja banyak beredar dikalangan pencinta otomotif. Namun sama sekali tidak mempengaruhi kualitas motor matic dikalangan penggemarnya. Terutama sejak hadirnya matic injeksi, pesona motor transmisi otomatis ini semakin tidak dapat dihindari. Tidak hanya memiliki performa mesin yang kuat, namun matic injeksi juga irit bahan bakar dan dilengkapi bodi yang sama gaharnya dengan jenis motor lain. Hal ini terbukti dengan meningkatnya pelaku bisnis rental motor yang lebih memiliki banyak armada motor matic ketimbang jenis motor yang lain.

Hanya saja, tidak dapat dipungkiri jika bersama performanya yang luar biasa, matic injeksi memiliki struktur mesin yang sedikit lebih rumit. Dengan struktur mesin yang rumit, tentu ada perawatan yang sedikit berbeda. Perawatan harus dilakukan secara berkala, tidak hanya dalam rangka menjaga performa mesin melainkan juga membuatnya tetap irit bahan bakar, semua pabrikan motor matic injeksi mulai dari yamaha, honda dll memiliki konsumsi bbm yang sangat irit. Pastikan 8 jenis perawatan ini Anda lakukan secara rutin untuk membuat matic injeksi Anda tetap awet dan nyaman dipakai:

Pemilihan bahan bakar harus disesuaikan dengan kompresi

Kesalahan memahami matic injeksi, menjadikan perawatan yang Anda lakukan tidak tepat. Pada akhirnya, bukannya awet justru kerusakan terjadi pada beberapa bagian matic Anda. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan tahu lebih dulu dengan matic injeksi. Terutama spesifikasi dari matic yang Anda gunakan. Dengan mengetahui spesifikasi matic Anda, perawatan lebih mudah dilakukan, terutama dalam pemilihan bahan bakar.

Kesalahan paling sering dari permilik matic adalah memilih bahan bakar beroktan tinggi karena dianggap mampu meningkatkan performa mesin motor matic. Anggapan tersebut sangat keliru, mengingat pemilihan bahan bakar terbaik harus disesuaikan dengan kompresi. Jika bahan bakar beroktan lebih tinggi dari kompresi, pembakaran akan berjalan lebih lambat dan menyebabkan kerak. Sebaliknya, saat bahan bakar memiliki oktan rendah dari kompresi, akan menimbulkan efek knocking.

Tips Merawat Motor Matic Injeksi

Kick starter setiap pagi

Starter yang mudah adalah salah satu keunggulan motor matic. Sayangnya hal ini seringkali salah digunakan oleh para penggunanya. Hampir sebagian besar pengguna matic injeksi, melakukan pemanasan mesin dengan hand starter. Padahal, pemanasan dengan cara seperti ini berdampak tidak terlalu baik untuk kualitas mesin matic Anda. Lantas apa solusinya? Lakukan pemanasan mesin menggunakan metode kick starter.

Apa itu kick starter? Seharusnya istilah ini tidak asing lagi untuk para penggemar otomotif. Kick starter ini salah satu cara menghidupkan motor tanpa menggunakan hand starter, melainkan dengan kaki. Hal ini dilakukan untuk memastikan oli mampu memanasi seluruh bagian mesin, sehingga performanya terjaga. Jangan lupa untuk melakukan pemansan kick starter ini setiap hari, bahkan meski motor tidak sedang akan dipakai. Lakukan selama 5-10 menit sehingga kualitas mesin terjaga.

Ganti oli mesin setiap 2000 kilometer

Sekali lagi, sangat penting untuk tahu lebih banyak mengenai spesifikasi matic injeksi Anda. Selain mengetahui kompresi, manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari memahami spesifikasi matic adalah mengetahui hasil rekomendasi dari pabrik. Salah satunya adalah rekomendasi penggganti oil mesin yang harus dilakukan. Biasanya rekomendasi ini diberikan dalam bentuk pemilihan merek oli hingga jarak ideal di mana Anda harus mengganti oli mesin.

Perhatikan dengan baik rekomendasi yang diberikan pabrik. Baik mengenai merek hingga jarak ideal penggantian oli mesin. Idealnya oli harus sudah diganti setelah matic menempuh jarak 1500-2000 kilometer. Pastikan Anda juga melakukan hal yang sama, dengan mengganti oli mesin setelah melakukan perjalanan sepanjang 2000 kilometer maksimal. Jangan menunda atau kondisi mesin matic injeksi Anda akan mengalami masalah.

Selalu memantau kondisi shockbreaker

Komponen shockbreaker adalah bagian yang cukup penting pada sebuah motor. Terutama motor jenis matic injeksi. Shockbreaker ini sendiri dibuat mengandung oli dengan fungsi mengembalikan kondisi shockbreaker seperti sediakala. Saat oli ini habis atau buruk kualitasnya, maka per supensi atau shockbreaker ini akan terus memantul tidak berhenti. Dengan kata lain, matic Anda bukan hanya tidak nyaman namun juga berbahaya saat digunakan berkendara.

Untuk itulah sangat penting memeriksa kondisi shockbreaker secara berkala. Terutama dalam memastikan keadaan olinya tidak sampai habis atau berkualitas buruk. Lebih lagi, dengan bodi asimetris, matic injeksi justru menggunakan jenis single shockbreaker. Artinya beban per suspensi single ini menjadi lebih berat. Idealnya oli shockbreaker ini diganti setiap kali perjalanan mencapai 10.000 kilometer. Tanda-tanda shockbreaker rusak adalah keluarnya bunyi yang tidak biasa pada motor Anda.

Memeriksa dan membersihkan roller juga v-belt

Seperti yang telah diuraikan di atas, struktur penyusun matic injeksi memang sedikit lebih rumit dari motor biasa. Untuk itu jenis perawatan yang harus Anda lakukan juga sedikit kompleks. Selain memeriksa kondisi mesin, ada struktur lain yang tidak kalah penting untuk diperiksa. Pada bagian CVT atau Continously Variable Transmission, yang terdiri dari beberapa komponen semisal roller dan juga v-belt tidak kalah penting untuk selalu dipantau kondisinya.

Kinerja roller hingga v-belt ini sendiri sangat berat terutama jika Anda adalah pengguna matic untuk kegiatan sehari-hari. Biasanya saat kedua komponen ini rusak atau mengalami gangguan, maka motor akan kehilangan tarikan juga menimbulkan getaran saat melaju. Jika kerusakannya parah, v-belt dapat putus di tengah jalan. Untuk itu lakukan penggantian komponen ini secara berkala setelah perjalanan 9.000-12.000 kilometer maksimal. Tidak menutup peluang penggantian dilakukan kurang dari jarak tersebut, bergantung pada pemakaian.

Rutin memeriksa aki dan busi

Sama dengan jenis motor lainnya, matic injeksi juga memerlukan kedua komponen kelistrikan busi dan juga aki. Tanpa keduanya, matic bisa jadi tidak dapat dinyalakan. Bahkan jika salah satunya mengalami gangguan, dapat dipastikan motor matic Anda akan mati di tengah jalan. Untuk membuat kondisi keduanya selalu dalam keadaan baik, Anda harus selalu memeriksa dan membersihkan aki juga busi setiap saat.

Bagi pemilik matic injeksi yang cukup memahami komponen-komponen hingga struktur matic, tentu tidak asing dengan perawatan aki dan busi. Bisa jadi perawatan ini Anda lakukan mandiri di rumah. Namun cukup berat bagi Anda yang tidak terlalu mengenal komponen-komponen matic. Untuk itu sangat disarankan melakukan pengecekan hingga servis berkala ke bengkel hingga pusat servis terdekat. Sehingga kondisi aki dan busi matic injeksi Anda dalam keadaan baik untuk berkendara.

Merawat ECU secara rutin

komponen ECU pada motor matic injeksi sangat penting keberadaannya. Meski beberapa merek motor menggunakan istilah yang berbeda, namun pada dasarnya merujuk pada hal yang sama yakni ECU atau Engine Control Unit. Pada matic injeksi, ECU ini mengambil peran penting dalam sistem injeksi itu sendiri. Sistem injeksi yang dimaksud seperti bukaan mesin, riding mode, campuran udara dan masih banyak lagi yang menjadikan ECU ini sebagai jantung dari matic injeksi.

Untuk itu jangan pernah anggak remeh kondisi ECU ini. Memastikan kondisinya selalu baik akan membuat kondisi matic Anda lebih nyaman saat berkendara. Saat ECU terganggu, bukan hanya performa motor yang menurun namun juga berisiko membuat motor Anda mogok di tengah jalan. Pastikan selalu memeriksa kondisi ECU saat Anda pergi ke bengkel. Lakukan pemeriksaan ini secara rutin sehingga ECU selalu baik dan performa motor matic injeksi Anda juga terjaga.

Menjaga kecepatan stabil saat berkendara

Matic injeksi menjadi alternatif motor yang penggunaannya sangat ramah dan mudah. Dengan cara pengoperasiannya hanya perlu stop and go atau gas dan rem, matic sangat mudah digunakan bahkan untuk mereka yang baru belajar mengendarai motor. Namun kemudahan ini seringkali diremehkan oleh para penggunanya. Kemudahan ini justru membuat banyak orang terlena sehingga tidak merawat matic injeksinya dengan baik.

Salah satu kebiasaan remeh yang tidak mencerminkan cara berkendara matic injeksi yang baik adalah bagaimana Anda menggunakan gas dan rem dengan cara yang keliru. Asal menarik gas dan juga rem sangat tidak dianjurkan. Menarik gas dengan kecepatan tinggi secara mendadak lalu tiba-tiba melakukan pengereman, sangat tidak dianjurkan. Berkendara dengan kecepatan stabil dan tidak tiba-tiba melakukan pengereman, akan membuat mesin awet. Jika ingin mengerem, lakukan perlahan-lahan dengan mengurangi kecepatan motor.

Informasi terkait : Layanan sewa motor jogja

About the Author

AMZ rental motor jogja berdiri pada tahun 2010 dengan tujuan utama kami yaitu memberikan pelayanan penyewaan sepeda motor di Yogyakarta. Saat ini, melalui pertumbuhan dan beberapa akuisisi tentunya kami bukan lagi rental motor Jogja standar. Karena kami memiliki armada ratusan sepeda motor sejumlah 300 unit. 300 unit stok motor yang ada di perusahaan kami merupakan kendaraan terbaru, terawat, dan selalu kami lakukan pengecekan secara berkala.

Leave a Comment